Gantungan Kunci Kayu Souvenir Pernikahan

Fungsi gantungan kunci ternyata tidak hanya menghias anak kunci atau tas, melainkan dapat juga menjadi oleh-oleh atau cenderamata acara tertentu. Beberapa kali Rumah Pin Kayu menyediakan gantungan kunci bertema khusus yang dipesan sebagai hadiah untuk kegiatan khusus, seperti pernikahan dan acara kemahasiswaan.


Foto diatas adalah foto lawas, cenderamata atau souvenir pernikahan untuk sebuah keluarga di Medan, beberapa tahun yang lalu. Kami membuat ratusan gantungan kunci seperti itu, yang terbuat dari kayu 'oak' (demikian kayu bekas itu biasa disebut) berkualitas tinggi yang ditumpuk, dipress dan dipulas beberapa warna fluorescent. Warna-warna dimaksud, yakni hijau, merah, ungu maupun kuning yang cerah tetapi bersifat transparan sehingga urat-urat kayu yang indah tetap nampak.

Tumpukan kayu kayu tersebut menjadi semacam frame foto kecil yang tergantung pada bagian metal gantungan kunci, dapat diisi foto kecil yang diselipkan pada plastik mika yang ada didalamnya. Idenya sederhana, tetapi pengerjaannya rumit, sebab semua tumpukan harus disamakan ukuran dan bentuknya sebelum direkat. Bagian-bagian yang sudah direkat dan dipress lalu diratakan dan dihaluskan ulang, sebelum dipulas cat tipis.

Bagian lain yang tak kalah rumitnya adalah menyediakan hiasan-hiasan kecil yang ditempel pada frame mini ini. Aksen kecil tersebut dibuat untuk mempermanis gantungan kunci agar tidak monoton dan simple. Kami menempel beberapa bentuk lucu, seperti kupu-kupu, lebah, bunga, mobil, kepik dan ikan pada gantungan kunci yang sudah berwarna-warni.

Ide 'gantungan kunci frame' atau 'frame gantungan kunci' ini tetap menarik dan membuat penasaran bagi kami untuk membuatnya lagi suatu saat...

Post a Comment