Ragam Tulisan Pada Penunjuk Quran


Rumah Pin Kayu membuat Penunjuk Quran atau lebih dulu dikenal sebagai 'Tuding Quran', sebagai cenderamata unik berbahan dasar kayu ramin kalimantan, secara manual (handmade) dari mulai proses pembuatan sket hingga pengemasan. Pekerjaan tersebut dilakukan tahap demi tahap, warna demi warna dan motif demi motif, tanpa penyablonan atau printing. Teks tulisan pada permukaan batang tuding tersebut juga ditulis tangan huruf demi huruf satu persatu.

Teks tulisan pada Tuding Quran pada dasarnya terdiri atas:
  1. Kalimat slogan berbahasa Indonesia, misalnya: "Bacalah Quran, Hatimu Tenang","Al-Quran Tenangkan Jiwa", dan lain-lainnya.
  2. Kalimat slogan berbahasa Inggris (Islamic Quotes in English), contohnya: "Recite Al-Quran", "Turn to Quran", dan lain-lainnya.
  3. Nama-nama anak, contohnya: "Faiz", "Laila", dan lain-lainnya sesuai permintaan.
Slogan atau teks kalimat pada permukaan Tuding Quran biasanya dimaksudkan untuk memberi tambahan motivasi pemakai tuding, dalam menggunakannya sebagai alat menunjuk huruf-huruf ketika membaca kitab suci. Nama anak ditulis sebagai identitas pemilik tuding.

Penggunaan tulisan arab, baik lafaz maupun teks arabic yang dikutip dari Quran, sudah kami hilangkan pada saat ini, karena adanya usulan dari customer, agar pengguna tuding terhindar dari tindakan tidak santun terhadap lafaz suci. Meski pemakaian lafaz tidak seluruhnya ditentang, tetapi kami memilih menghindarkan ketidaknyamanan pengguna.

Jika Anda punya usulan kalimat atau tulisan yang pantas diletakkan dalam tuding, silakan sampaikan melalui komentar. Terima kasih.

Post a Comment