Pin Kayu Kura-Kura


Pin kayu kura-kura dibuat dari kayu ramin kalimantan berkualitas baik, yang diproses secara manual untuk menjadi produk handicraft berwarna kontras dan glossy. Pin kura-kura adalah bagian dari kategori Pin Bentuk. Setiap pin kayu kura-kura diwarnai bagian demi bagian, satu persatu dilukis tangan.

Pin kayu kura-kura dibuat dalam ukuran kecil, medium dan besar. Rumah atau batok kura-kuranya diberi warna yang berwarna-warni, ada hijau, merah, ungu dan lain sebagainya. Tak lupa wajah sang kura dihiasi senyuman dan mata yang lucu.

Pin kayu kura-kura yang lucu dan menggemaskan dapat menjadi cenderamata atau hadiah kecil untuk teman, sahabat atau keluarga. Selain berguna sebagai aksesori busana, topi dan lainnya, pin kayu ini menggugah kita lebih mengenal kura-kura.

Ada baiknya kita menyadari bahwa nasib kura-kura sebenarnya tidak semanis dan secerah warna pin kayunya. Menurut wikipedia, seluruhnya diperkirakan terdapat sekitar 260 spesies kura-kura dari 12-14 suku (familia) yang masih hidup di pelbagai bagian dunia. Di Indonesia sendiri terdapat sekitar 45 jenis dari sekitar 7 suku kura-kura dan penyu.

Tekanan yang tinggi dan terus-menerus pada habitat hidupnya telah menurunkan banyak populasi kura-kura ke tingkat yang sangat mengkhawatirkan. Apalagi kebanyakan habitat alaminya di sungai-sungai, rawa dan hutan juga telah turut rusak akibat aktivitas manusia. Pada pihak lain, perkembangan populasi kura-kura amat lambat dan kebanyakan malah belum diketahui sifat-sifat dan kebiasaannya. Oleh sebab itu tindakan konservasi bagi hewan ini amat diperlukan.

Dari semua bangsa kura-kura, hanya penyu yang telah dilindungi dengan cukup baik di Indonesia. Hampir semua jenisnya telah dilindungi oleh undang-undang. Banyak pantai peneluran penyu yang telah dimasukkan ke dalam kawasan yang dilindungi, seperti misalnya Pantai Sukamade di Jawa Timur dan Pantai Jamursba-Medi di Papua. Meski demikian, penangkapan penyu dan pengambilan telurnya masih juga berlangsung secara ilegal dan sulit dihentikan.

Nah, semoga pin kura-kura dapat sedikit berperan memancing perhatian dan kecintaan pada hewan tersebut. Varian bentuk pin kayu kura-kura masih mungkin dikembangkan lagi dengan pose karakter yang berbeda. Jika Anda memiliki desain sendiri, mungkin kita dapat pula mewujudkannya dalam bentuk pin kayu kura-kura yang berbeda. Tertarik mencoba?

Post a Comment